UM Metro, 30 Agustus 2024 – Universitas Muhammadiyah Metro, melalui Lembaga Bahasa, mengadakan In-House Training (IHT) bertajuk “Boosting Lecturer’s Performance in Teaching and Functioning Students’ Learning Artefacts to Support the Success of Career Acceleration” pada Selasa, 27 Agustus hingga Jumat, 30 Agustus 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dosen dalam pengajaran dan memanfaatkan artefak pembelajaran mahasiswa guna mendukung akselerasi karir.
Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Metro, Dr. Achyani, M.Si., yang memberikan sambutan sekaligus arahan mengenai pentingnya peningkatan kualitas pengajaran di lingkungan akademik. Dalam sambutannya, Dr. Achyani menyatakan, “Kegiatan seperti ini sangat bagus dan penting. Silahkan dilanjutkan dan konsepnya dapat ditularkan kepada unit atau program studi yang lain.”
IHT ini menghadirkan dua presenter utama. Presenter pertama, Dr. Dedi Turmudi, M.A.TESOL., membawakan materi bertema “Functioning Students’ Learning Artefacts as Main Data in Writing SINTA 2 and SCOPUS Indexed Article”. Dalam sesi ini, Dr. Dedi memaparkan pentingnya artefak pembelajaran sebagai data utama dalam penulisan artikel yang terindeks di SINTA 2 dan SCOPUS, yang menjadi indikator penting dalam peningkatan karir akademik dosen.
Presenter kedua, Ben Cook, Senior Assessment Manager dari British Council English Score, membawakan tema “Preparation of Teaching Module”. Ia fokus pada teknik persiapan modul pengajaran yang efektif dan sesuai dengan standar internasional, dengan tujuan meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Metro.
IHT ini berlangsung selama empat hari, dengan pelaksanaan secara luring di Kantor Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dan UPT Microteaching, serta daring melalui platform Zoom dan Google Meet. Hari pertama, kegiatan dilakukan secara offline dengan metode self-directed training, berfokus pada materi seperti persiapan modul pengajaran ELT, struktur modul, analisis konten modul, dan penilaian modul.
Pada hari kedua, IHT diisi oleh dua presenter utama yang menyampaikan materi sesuai dengan bidang keahlian mereka. Hari ketiga dan keempat, kegiatan kembali dilaksanakan secara offline dengan fokus pada penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk Project-Based English Learning (PjBEL) dan penilaian sebaya terhadap RPS tersebut. Selain itu, simulasi pengajaran menggunakan modul yang telah dilatih juga menjadi bagian dari agenda, dengan tetap menggunakan metode self-directed training.
Melalui pelaksanaan IHT ini, Lembaga Bahasa Universitas Muhammadiyah Metro berharap dapat meningkatkan kemampuan dosen dalam pengajaran serta memanfaatkan artefak pembelajaran mahasiswa untuk mendukung karir akademik yang lebih baik. Dengan peningkatan kualitas pengajaran ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kualitas pendidikan di Universitas Muhammadiyah Metro secara keseluruhan.
The post Lembaga Bahasa UM Metro Gelar IHT untuk Tingkatkan Kinerja Dosen dan Akselerasi Karir appeared first on Universitas Muhammadiyah Metro.